4 Jenis Radang Sendi yang Harus Anda Ketahui

Apa Anda mengalami sendi terasa nyeri kemudia memerah? Jika hal tersebut terjadi jangan dibiakan ya karena kondisi ini bisa saja merupakan salah satu gejala radang sendi. Radang sendi ini tidak hanya bisa menyebabkan sendi jadi terasa sakit dan merah saja, tapi bisa juga membuat sendi jadi bengkak sehingga sendi jadi kaku dan sangat sulit untuk digerakan. Jika Anda mengalami kondisi yang satu ini sudah pasti Anda akan kesulitan untuk beraktivitas.

Apa Itu Radang Sendi?
Radang sendi ini adalah sebuah keadaan dimana terjadinya sebuah peradangan atau inflamasi pada sendi. Resiko seseorang terkena penyakit yang satu ini akan semakin tinggi jika usianya semakin bertambah tua. Selain dari usia jenis kelamin, obesitas, dan riwayat kesehatan juga bisa berpengaruh pada penyakit yang satu ini. Apalagi jika Anda pernah mengalami cedera pada sendi Anda, rasa sakit yang Anda alami ini bisa muncul kapan saja kapan pun.

Gejalanya dari munculnya radang sendi

  • Sendi terasa kaku
    Hal ini disebabkan oleh kulit pada daerah sendi mengalami peradanga dan berubah jadi merah dan hangat

  • Gerakan sendi terbatas
    Hal ini disebabkan oleh otot yang ada disekitar sendi jadi mengecil dan menjadikannya lemah.

Jenis Radang Sendi Beserta Gejala Khasnya
Radang sendi yang terjadi pada setiap orang ini tentu saja berbeda-beda, dan untuk gejala yang munculnya juga pasti akan berbeda. Pada kesempatan kali in mari kita bahas lebih jelas jenis dan gejala khasnya yang muncul:

  • Degenerative Arthritis
    Yang pertama ada Degenerative Arthritis, jenis yang sati ini biasanya disebabkan oleh kondisi degeneratif. Salah satu jenis yang paling populer adalah osteoarthritis. Radang sendi yang satu ini terjadi karena tulang rawan pada sendi mulai menipis karena pengaruh usia, hal ini menyebabkan tulang jadi bergesekan satu sama lain dan bisa menimbulkan rasa sakit yang membuat kesulitan saat bergerak. Osteoarthritis ini biasanya menyerangg tulang bagian belakang di daerah leher, jadi Anda akan mengalami daki serta kaku dibagian leher Anda.

  • Inflammatory Arthritis
    Arthritis ini biasany terjadi karena peradangan. Sistem kekebalan yang ada di dalam tubuh seharusnya bisa melindungi tubuh, tapi pada kasus ini malah menyerang diri sendiri dan menjadikan sebuah peradangan yang tidak terkontrol. Jenisnya adalah enteropathic arthritis, psoriatic arthritis, dan reactive arthritis.

  • Infectious Arthritis
    Jenis nyeri sendi yang satu ini biasanya disebabkan oleh adanya inveksi dari bakteri , virus, hingga jamur dalam darah yang menyerang sendi yang menyebabkan sebuah peradangan.

  • Metabolic Arthritis
    Jenis yang terakhir ini biasaya di sebabkan oleh gangguan metabolic. Salah satunya adalah asam urat, nyeri sendi yang satu ini sering sekali dialami oleh banyak orang. Selain nyeri jika Anda terkena asam urat sendi pun bisa merah hingga bengkak.

Cara Mendiagnosis Radang Sendi
Supaya pasti jenis gejala sendi mana yang Anda alami sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan fisik di dokter. Jika Anda melakukan pemeriksaan fisik nantinya akan dilakukan sebuah pengamatan pada pembengkakannya dan dilihat juga bagaimana Anda menggerakan sendi Anda. Tapi bisa saja ada pemeriksaan lebih lanjut untuk memastika hal tersebut. Biasanya Anda akan di suruh untuk melakukan pemerikasaan di laboraturium. Semua pemeriksaan ini pastinya tergantung dengan jenis radang sendinya. Selain dengan melakukan pemeriksaan di lab Anda juga bisa melakukan foto Rontgen, CT scan, USG, hingga MRI.