Rekomendasi Ponsel Dengan Artificial Intelligence, Realme C1

Guna melengkapi tampilan produk low-end, smartphone Realme C1 pun dirilis bersamaan dengan Realme 2. Ponsel ini merupakan "Xiaomi killer" karena harga yang ditawarkan cukup bersahabat, namun spesifikasinya cukup bisa diandalkan.

Selain itu ponsel ini pun menawarkan desain modern dengan notch screen dan baterai berkapasitas besar sebesar 4.230 mAh. Perangkat tersebut juga dibekali dua kamera belakang, 13 MP dan 2 MP yang mampu menghasilkan foto bokeh. Lantas, apa saja spesifikasi lain dari ponsel satu ini? Berikut pembahasannya.

Memori yang Mendukung Penyimpanan
Jika sebelumnya sudah disediakan varian RAM 2 GB/16 GB, Realme C1 versi 2019 punya opsi 2 GB / 32 GB. Peningkatan ini memberi pengguna kemudahan untuk menyimpan lebih banyak file multimedia. Namun, Anda tak perlu khawatir karena Anda bisa menambahkan micro-SD hingga 256 GB.

Ponsel ini diresmikan pada Selasa (9/10/2018) pada acara peluncuran yang digelar di Ballroom Grand Hyatt Jakarta. Sementara ponsel keluaran 2019 dijual perdana di Indonesia pada 27 Februari 2019. 

Dibandingkan dengan Realme C1 reguler yang diluncurkan tahun sebelumnya, ponsel keluaran 2019 tidak memberikan banyak peningkatan dari segi spesifikasi. Ponsel keluaran 2019 ini dijual perdana melalui program flash sale Lazada, dengan harga Rp 1.499.000.

Koneksi dan Jaringan
Ponsel ini masih menggunakan port micro-USB. Micro-USB memiliki fungsi sebagai sumber tenaga untuk mengisi daya baterai. Selain sebagai pengisi daya, kabel ini juga memiliki fungsi untuk mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. 

Ponsel ini tidak dilengkapi fitur wireless charging. Wi-Fi standard ponsel ini 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot. Terdapat fitur bluetooth dan GPS pada smartphone ini. Namun tidak terdapat infrared dan NFC.

Ponsel ini dilengkapi dengan dual SIM. Anda dapat menggunakan ponsel ini di jaringan 2G, 3G, maupun 4G. Kecepatan maksimum jaringan 2G bisa mencapai 50 Kbps atau 1 Mbps. Sedangkan kecepatan maksimum Internet 3G bisa mencapai 0,2 Mbps. 

Bahkan beberapa penyedia dapat menggunakan kecepatan yang lebih tinggi dan dapat disebut jaringan seluler 3,5G atau 3,75G. Sementara standar yang disediakan oleh jaringan 4G adalah kecepatan akses pencarian, layanan game, video berkualitas tinggi, dukungan TV, dan sebagainya. Kecepatan maksimum jaringan 4G adalah 100 Mbps atau 1 Gbps.

Fitur Pendukung
Smartphone ini tidak memiliki sensor sidik jari, tapi smartphone entry level ini memiliki fitur yang  AI face unlock berbasis artificial intelligence (AI). Dibandingkan dengan penggunaan password, PIN, pola, sidik jari dan cara lainnya akan memberikan privasi yang aman. Agar pengguna dapat menerapkan fitur keamanan ini, pengguna harus merekam wajah terlebih dahulu melalui pengaturan yang tersedia di smartphone.

Fungsi buka kunci wajah AI ini sangat berguna, tidak hanya dapat memberikan perlindungan keamanan ponsel pintar untuk tangan-tangan yang jahil, tetapi juga memberikan privasi kepada pengguna. Sistem akan mendeteksi wajah secara akurat dengan mengenali 128 titik. 

Kemudian sistem akan mencocokkan wajah yang didaftarkan, dan jika wajah telah dikenali, aplikasi atau layar akan terbuka. Proses pembukaan ini tidak memakan waktu lama. Karena menggunakan AI Face Unlock hanya membutuhkan waktu 0,3 detik untuk membuka aplikasi atau layarnya.

Spesifikasi dan harga Realme C1 2019 bisa dibilang cukup menarik harga 1 jutaan. Ponsel ini tidak terbatas untuk kebutuhan entry level, tapi juga cukup untuk memenuhi kebutuhan kegiatan harian Anda. Apakah Anda tertarik untuk memiliki ponsel ini?