Selain Alat Pelindung Diri, Gunakan Topi Corona dan Lakukan Ini

Virus corona memang banyak membuat orang-orang panik dan berlomba-lomba membeli Alat Pelindung Diri (APD). Bahkan, sedang viral video orang yang memakai APD seperti halnya tenaga medis ketika menghadapi pasien positif covid-19 di sebuah pusat perbelanjaan. Tentunya, hal ini bisa dikatakan sangat tidak etis, di tengah minimnya jumlah APD yang dibuat untuk tenaga medis.


Memang saat ini sudah digalang dana untuk membuat APD sebisa yang dapat dilakukan masyarakat. Namun demikian, setidaknya para warga masyarakat biasa yang tidak berada di rumah sakit rujukan dan tidak menghadapi pasien secara langsung dapat lebih bijak untuk tidak menggunakan alat pelindung diri yang diperuntukkan bagi tenaga medis.

Apa yang Digunakan Sebagai Pelindung Diri?
Karena APD standar rumah sakit tidak bisa digunakan warga karena keterbatasan dan memang sebaiknya tidak dipakai, maka Anda bisa memakai topi anti corona untuk bagian kepala, masker, baju panjang dan jas hujan, serta pelindung mata. Jangan lupa, gunakan juga hand sanitizer ketika tidak bisa mencuci tangan dan pastikan untuk rajin mencuci tangan ketika kondisi tangan menjadi kotor. Mari kita bahas satu persatu fungsi dari benda-benda tersebut.

Topi Anti Corona dan Masker Sebagai Pelindung Area Wajah dan Kepala
Jangan salah, virus ternyata sangat bisa menempel di bulu tubuh, rambut dan juga kulit kepala. Inilah sebabnya, Anda wajib memakai topi yang dapat menutup semua bagian kepala, rambut, dan termasuk juga telinga. Topi anti corona banyak dibeli oleh warga karena bisa digunakan dalam keperluan sehari-hari.

Jadi, topi yang satu ini memiliki lapisan plastik kaku dan sebagian juga terbuat dari mika. Lalu, untuk topinya dibuat dari dua lapis kain tebal dan bisa dicuci. Topi ini akan menghindarkan droplets atau cairan tubuh seperti percikan ludah atau lendir dari hidung ke wajah. Dengan demikian, setelah memakainya Anda wajib langsung mencuci produk tersebut. Tenang saja, produk ini sangat mudah dicuci.

Hand Sanitizer dan Sabun Sebagai Penghilang Virus di Tangan
Sebenarnya, hand sanitizer memiliki fungsi membunuh bakteri pada tangan. Tapi, karena kebersihan adalah satu hal yang penting untuk menjaga kesehatan. Maka tidak ada salahnya jika Anda wajib memiliki hand sanitizer. Mungkin, ketika berada di luar Anda tidak menemukan air, untuk sementara waktu Anda bisa mengaplikasikan hand sanitizer untuk membersihkan tangan. Karena, tidak akan aman jika Anda lupa memakan sesuatu tanpa keadaan tangan yang bersih.

Meskipun hand sanitizer sangat cocok dipakai ketika bepergian untuk membersihkan tangan, tetapi setelah sampai di rumah yangan sampai lupa untuk cuci tangan. Lakukan cuci tangan sesuai standar WHO untuk Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jadi, itulah beberapa hal penting yang harus dipakai dan dilakukan oleh para warga terutama di zona merah pandemi virus corona.