Yuk Hemat Paket Internet dengan 5 Trik Berikut

Saat ini pengguna smartphone seolah tak bisa hidup tanpa paket internet. Meskipun sebenarnya paket data semakin hari semakin tinggi harganya dan cepat habis di beberapa media sosial. Melihat semakin tinggi kebutuhan belum lagi dengan mahalnya paket internet, maka sangat penting menghemat paket data dengan trik berikut, terutama bagi yang tidak tahu cara hemat paket data.


1. Batasi Penggunaan Data
Cara pertama yang dengan mudah bisa diterapkan ialah penggunaan data dibatasi. Memang benar caranya sangat mudah hanya dengan mengatur batas pemakaian data di setiap smartphone masing-masing.

Tapi hal ini tak mudah diterapkan sebab ada orang yang memang banyak menggunakan media sosial, main game online dan membuka konten secara online sehingga tetap saja banyak data yang digunakan. Jika batas pemakaian data sudah diatur, maka ketika data yang digunakan sudah mencapai batas, akan diberitahukan atau diperingatkan di smartphone.

2. Menggunakan Wifi untuk Update Data
Saat ini aplikasi semakin banyak diluncurkan dengan keunggulan masing-masing termasuk aplikasi media sosial seperti Whatsapp,  Instagram dan yang lainnya. Dalam jangka waktu tertentu aplikasi ini perlu diperbarui agar fitur-fitur baru bisa digunakan.

Umumnya pembaruan membutuhkan ruang penyimpanan bertambah, hal ini yang mempengaruhi pengambilan paket internet. Solusinya,  update aplikasi ketika sudah berada di area wifi gratis, manfaatkan sebaiknya wifi tersebut.

3. Ketika Tidak Digunakan, Matikan Data
Masih banyak orang yang tetap menghidupkan data padahal saat itu smartphone tidak digunakan. Padahal hal ini membuat meningkatnya penggunaan data. Maka jika  smartphone sedang tidak digunakan, sangat penting untuk mematikan paket data.

Jika data tetap dibiarkan terbuka, aplikasi di latar belakang yang masih aktif menyedot data untuk aplikasi yang sedang berjalan tersebut. Selain itu, konsumsi daya baterai pun semakin cepat. Maka jika ingin kuota data tidak cepat habis, sebaiknya matikan kuota ketika smartphone tidak digunakan dan tidak membuat baterai cepat habis.

4. Penggunaan Instagram Dibatasi
Perlu diketahui bahwa Instagram yang semakin banyak penggunanya saat ini, jika sering dibuka maka juga sangat banyak menyedot data. Meskipun begitu, tidak menyurutkan keinginan para masyarakat untuk selalu membuka aplikasi ini setiap harinya. Kemudian bingung mengapa kuota cepat habis, padahal beberapa hari sebelumnya baru diisi.

Penyebab paket internet cepat habis karena Instagram selalu dibuka untuk melihat berbagai konten baik itu foto ataupun video. Sebaiknya buka Instagram ketika berada di warung kopi atau tempat lain dengan menggunakan wifi, jangan menggunakan paket data.

5. Fitur Data Saver Diaktifkan
Banyak pengguna smartphone menjelajah google untuk mengetahui berbagai informasi. Google Chrome  tidak bisa digunakan jika paket data tidak aktif. Sehingga jika sering membuka Chrome juga tak bisa dipungkiri ikut membuat paket data habis. Saat ini agar lebih menghemat kuota, Chrome telah meluncurkan fitur data saver.

Cara mengaktifkan fitur ini, pertama silakan membuka Chrome. Kemudian pilih menu settings yang berada di laman tersebut atau diakses dari bagian pojok kanan atas. Kemudian buka data saver dan aktifkan.

Sebenarnya meskipun orang kaya sekalipun jika membuang data untuk hal-hal tidak perlu  sehingga data cepat habis, bukan sebuah perilaku baik. Sementara itu,  masyarakat golongan menengah sangat memerlukan cara agar bisa menghemat penggunaan paket internet. Jadi setelah membaca trik di atas, jangan lupa diterapkan. Semoga bermanfaat.