Suntik Vitamin C: Cantik atau Berbahaya?

Suntik vitamin C sebenarnya tidak berbahaya jika dilakukan masih sesuai kadar yang tidak berlebihan. Vitamin C memang sangat diperlukan tubuh sebab jika kekurangan, kesehatan akan terganggu. Nah, mengenai baik atau tidaknya hal ini, sebaiknya ketahui dulu 2 hal berikut.


Dampak Positif Suntik Vitamin C
Vitamin C yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui suntikan memiliki beberapa manfaat. Pertama, agar kebutuhan vitamin C dalam tubuh seseorang tercukupi. Sehingga dapat terhindar dari gusi berdarah, masalah pada gigi dan radang gusi.

Manfaat lain yang diperoleh hampir sama dengan mengoleskan vitamin C ke kulit. Berguna dalam kecantikan seperti perawatan kulit keriput dan atasi kulit kemerahan. Suntik vitamin C sebenarnya sebagai solusi bagi seorang yang tubuhnya tak dapat menyerap dengan baik vitamin  C dari makanan.

Kegiatan ini juga berguna menghambat sel kanker dan membantu perbaikan jaringan tubuh. Proses ini tentu tak boleh sembarangan, harus sesuai penanganan dokter jadi sebaiknya dilakukan di rumah sakit atau di klinik.

Dampak Negatif Jangka Panjang untuk Konsumsi Berlebihan
Suntik vitamin C perlu diketahui memiliki efek samping terutama jika sudah overdosis. Pertama, dapat menyebabkan diabetes. Vitamin C yang masuk ke tubuh dapat merangsang naiknya gula darah sehingga jika seseorang menderita penyakit diabetes, suntik seperti ini tak disarankan.

Meskipun bertujuan untuk kecantikan, tetapi tetap saja bagi penderita diabetes menjadi hal berbahaya jika memasukkan vitamin C ke tubuh menggunakan suntikan. Dampak kedua yaitu dapat mengakibatkan menopause dini.

Vitamin C melalui suntikan memang dapat membuat kulit cerah,  namun perlu diketahui dapat memicu cepatnya menopause pada wanita. Selanjutnya, proses suntikan ini tidak baik untuk ginjal jika dilakukan terlalu sering.

Ginjal tidak bisa bekerja dengan stabil dan optimal sehingga fungsi ginjal pun menurun. Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka penyakit lainnya pun bisa muncul seperti penyakit yang berkaitan dengan proses pengeluaran tubuh. Karena sebenarnya ginjal memiliki fungsi penting dalam tubuh.

Jadi, mengenai bahaya atau tidak vitamin C disuntik ke dalam tubuh, tergantung waktu dan kadarnya. Jika terlalu sering dan sudah overdosis tentu berbahaya.