Ketahui Informasi Tentang GERD, The Silent Killer

GERD (gastroesophageal reflux disease) adalah suatu kondisi dimana asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini termasuk pada golongan silent killer, karena ketika mengalami kondisi seperti ini, maka yang dirasakan adalah dada dan kerongkongan panas seperti dibakar. Hal ini bisa terjadi karena adanya iritasi pada lapisan kerongkongan.


Gejala Penyakit GERD yang Harus Diketahui
Agar Anda bisa mengantisipasi terjadinya GERD lebih parah, maka Anda wajib mengetahui apa saja gejalanya. Berikut beberapa gejala dari penyakit tersebut.
  1. Terasa panas pada dada dan menyebar ke leher.
  2. Ketika menelan pada tenggorokan rasanya sakit seperti ada sesuatu yang menyangkut di dalamnya.
  3. Pada dada terasa nyeri.
  4. Terjadi masalah pernapasan yang tak kunjung membaik seperti batuk dan asma.
  5. Mulut terasa pahit ketika makan apapun.
  6. Seperti ada cairan asam yang naik dari perut kembali ke tenggorokan.
  7. Suara menjadi serak.
Ketika Anda mengalami gejala seperti itu, diharapkan Anda segera periksa ke dokter. Entah itu gejalanya atau bukan, yang terpenting adalah jika memang Anda merasakan gejalanya segeralah periksa ke dokter. Agar misalkan Anda mengalami penyakit satu ini bisa segera ditangani.

Penyebab Terjadinya Penyakit Mematikan Ini
Penyebab utama penyakit ini adalah melemahnya katup kerongkongan pada bagian bawah. Katup tersebut adalah otot yang terdapat pada bagian bawah kerongkongan yang berperan sebagai pemisah dengan lambung. Katup tersebut bisa juga disebut dengan sfingter.

Sfingter yang baik-baik saja ketika posisinya tertutup, agar asam pada lambung tidak bisa naik. Namun, ketika Anda mengalami penyakit berbahaya ini, katup yang lemah akan membuka sehingga asam lambung tidak bisa dicegah agar tidak naik.

Jika asam lambung terus-terusan naik sampai kerongkongan, dapat mengakibatkan lapisan kerongkongan mengalami iritasi. Hal ini tentunya sangat membahayakan kesehatan Anda secara langsung.

Itulah informasi tentang GERD yang dapat menyebabkan kematian secara mendadak. Memang masih jarang orang yang mengetahui lebih dalam mengenai penyakit berbahaya satu ini. Jagalah pola hidup Anda agar terhindar dari segala penyakit baik yang berbahaya maupun tidak.